Wednesday, June 1, 2016

Mana yang Benar, Majelis atau Majlis?

Tags

Dalam menggunakan kata terkadang kita masih sangat awam untuk memakai kata yang tepat sesuai EYD. Seperti penggunaan kata majelis taklim, terkadang sering kita temui kesalahan dalam menuliskannya. Ada yang menggunakan majelis, ada pula yang menggunakan majlis.

kata majelis

Lalu, manakah penulisan yang benar, majlis atau majelis? Manakah yang merupakan kata baku, majelis atau majlis?

Mana yang Benar, Majelis atau Majlis?


Majlis atau majelis merupakan istilah yang sering digunakan dalam organisasi. Karena ada dua versi kata yang sering ditemui, manakah penulisan yang benar dan baku?

Bila kita merujuk pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata yang tertera dan benar adalah majelis dengan tambahan huruf e. Kata majlis bukan termasuk kata baku.

Jadi bisa kita simpulkan bahwa kata yang benar dan baku adalah majelis. Sehingga penulisan kata yang benar adalah majelis.

Beberapa arti kata majelis menurut KBBI adalah:
  1. Elok, permai, cantik.
  2. Bersih, rapi, apik.
  3. Dewan yang mengemban tugas tertentu.
  4. Pertemuan orang banyak, rapat, kerapatan.
  5. Sidang
  6. Bangunan tempat bersidang. 

Daftar istilah tentang majelis:
  • Majelis syura artinya adalah dewan penasihat.
  • Majelis rendah artinya adalah badan yang mewakili rakyat yang anggotanya terpilih dari pmilihan resmi dan merupakan dewan terpenting.
  • Majelis undangan artinya adalah dewan yang berkuasa membuat undang-undang dalam pemerintahan. 
  • Majelis tinggi artinya adalah dewan yang mewakili rakyat yang anggotanya dipilih dari keturunan, penunjukuan, atau pemilihan.
  • Majelis taklim artinya adalah wadah atau lembaga pengajian.
Nah, sekarang sudah tahu kan penggunaan kata yang tepat? Jangan salah lagi ya, gunakan kata majelis, bukan majlis sesuai Ejaan Yang Disempurnakan.