Wednesday, January 16, 2019

Mana yang Benar, Kaus atau Kaos?

Tags

Dalam beberapa tulisan dan pengucapan, ada kata yang terkadang diucapkan dengan suara yang berbeda namun dengan maskud hati yang sama makna. Padahal, pada dasarnya sangat jauh berbeda. Seperti pada penggunaan kata kaus dengan kaos.

Mana yang Benar, Kaus atau Kaos?

Manakah yang merupakan kata baku, kaus ataupun kaos? Dan yang manakah pencatatan yang benar, kaos ataupun kaus?

Merujuk dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kedua kata ini tercantum ke dalam kata baku. Hanya saja, penggunaannya berbeda serupa dengan maksudnya. Dengan kata lain, makna kedua kata ini jelas berbeda.

Makna kata kaus dalam KBBI yaitu: busur; kasut; sarung (buat tangan, kaki, dan sebagainya); kain tipis yang tenunannya jarang dan dibuat dari bahan katun ataupun nilon; pakaian yang dibuat dari bahan kaus, misalnya pakaian kaus.

Sedangkan makna kata kaos menurut KBBI merupakan: kondisi kacau-balau. Kata kaos ini bisa jadi  diserap dari bahasa Inggris, chaos, yang mempunyai makna sama.

Jadi bisa disimpulkan kata kaus serta kaos merupakan kata yang benar dan baku. Penulisan yang benar juga yaitu kaos serta kaus.

Apabila kata kaus ataupun kaos yang diartikan merupakan pakaian ataupun sarung kaki, sehingga penulisan yang benar yakni kaus.

Demikian ulasan mengenai kata baku yang benar antara kaus dengan kaos. Semoga ulasan tersebut dapat menambah pengetahuan dalam memperbaiki kosakata.