Friday, November 10, 2017

Manakah yang Benar, Blanko atau Blangko?

Tags

Bahasa Indonesia sangat banyak kata serapan yang diambil dari bahasa lain, salah satunya bahasa Inggris. Namun, masih sering kita temukan penulisan yang kurang tepat untuk digunakan dalam berbagai macam hal. Salah satu yang bisa dilihat adalah penulisan blanko dengan blangko.


blangko atau blanko

Banyak yang sudah tepat menggunakannya, namun tak sedikit pula yang masih salah dalam penulisannya. Hal tersebut tentu akan menimbulkan pemaknaan yang kurang tepat bila disadur kembali.

Lantas, yang manakah merupakan kata baku sesuai KBBI, blanko atau blangko? Dan yang manakah penulisan yang benar, blangko atau blanko?

Manakah yang Benar, Blanko atau Blangko?


Istilah kata blanko atau blangko sering kita dengar atau lihat jika berurusan dengan birokrasi atau dokumen surat-menyurat. Nah, jika bicara kata baku, manakah penulisan yang benar?

Dilihat dari sumber yang kredibel yaitu Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), yang benar dan tertera disana ternyata adalah blangko. Kata blanko merupakan bentuk yang tidak baku dan tidak benar.

Maka bisa disimpulkan kata yang benar, tepat, dan baku adalah blangko. Dan penulisan yang sesuai adalah blangko.

Makna kata blangko menurut KBBI antara lain:
  1. tidak memberikan suara (dalam pemungutan suara)
  2. kosong (belum diisi)
Catatan:
Kata blangko berasal dari Bahasa Inggris yang diserap yaitu blank.

Contoh dalam kalimat.
  1. Sejak kemarin, blangko e-KTP belum juga diserahkan.
  2. Blangko Ijazah di Dinas Pendidikan sudah bisa diambil.
Demikian ulasan mengenai kata blangko dengan blanko yang sudah kami paparkan. Ulasan yang cukup membantu bagi pemburu kebenaran hakiki tentang kata baku dan tidak baku.