Tuesday, November 28, 2017

Mana yang Benar, Ruh atau Roh?

Tags

Sebagai manusia pada umumnya, usia kita pasti akan ada masa terakhirnya. Ketika datang akhir waktu tersebut, maka bisa dipastikan jasad kita tak bernyawa kembali. Disitulah babak baru dimulai di alam barzah.

ruh roh

Berbicara tentang kematian, ada sedikit hubungannya dengan nyawa yang sering disebut oleh orang dengan kata roh atau ruh. Dalam penulisan yang sebenarnya, manakah penulisan yang benar, ruh atau roh? Dan yang manakah merupakan kata baku, roh atau ruh?

Pengertian Ruh atau Roh

Definisi roh atau ruh merupakan kata yang sama-sama merujuk pada kata arwah. Pengisi raga yang dapat membuat jiwa manusia hidup. Karena ada dua versi penulisan bahkan pengucapan, manakah kata yang benar sesuai KBBI?

Jika kita merujuk pada Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), terdapat kata yang tepat dan benar ialah roh dengan menggunakan huruf o. Kata ruh tidak termasuk kata baku.

Maka, bisa disimpulkan kata yang benar dan baku adalah roh. Dan penulisan kata yang benar ialah roh.

Dalam KBBI arti kata roh adalah:
  • Sesuatu yang ada dalam jasad yang diciptakan oleh Allah SWT.
  • Makhluk hidup yang tidak berjasad.
  • Semangat, spirit.
Nah, guna memudahkan kita dalam mengingat mana yang benar, ingat saja kata rohani, kenapa? Karena tidak ada kata ruhani. Mudah bukan?

Demikian ulasan tentang penulisan yang tepat antara ruh atau roh. Semoga dapat dimanfaatkan dengan baik sebagai pembelajaran yang benar.