Monday, December 4, 2017

Mana yang benar, Kata Umrah atau Umroh?

Tags

Seringkali kata yang sudah beredar di masyarakat diubah sesuai dengan dialek atau kebiasaan bicara suatu kelompok masyarakat tersebut. Walaupun ketika diucapkan tak sampai merubah makna, namun ketika berubah menjadi tulisan kata tersebut dapat mengubah maknanya.

umroh atau umrah?

Pada ulasan kali ini kita akan membahasa tentang penulisan yang benar dan sesuai. Manakah yang merupakan kata baku sesuai KBBI, umrah atau umroh? Dan yang manakah penulisan tepat, umroh atau umrah?

Umrah atau umrah merupakan salah satu kegiatan keagamaan dalam agama Islam. Seperti halnya ibadah haji, yaitu berkunjung ke Makkah di Arab Saudi. Rata-rata sebagian besar umat Islam pernah melakukan ibadah tersebut.

Dilansir dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), penulisan dan kata yang benar adalah umrah dengan huruf a. Sedangkan kata umroh dengan o tidak termasuk kata baku.

Sehingga bisa disimpulkan, penulisan kata yang benar dan baku adalah kata umrah bukan umroh. Karena jika salah bisa merubah maknanya.

Arti kata umrah menurut KBBI adalah: kunjungan ke tempat suci dan melakukan serangkaian kegiatan mulai dari tawaf, sai, bercukur, dan tanpa wukuf di arafah.

Contoh dalam penggunaan kalimat.
  1. Ibu sedang melaksanakan umrah dengan rekan kerjanya.
  2. Alhamdulillah, bapak mendapatkan hadiah umrah bulan depan.
Nah, demikian ulasan mengenai penulisan yang tepat antara umrah atau umroh. Semoga bermanfaat sebagai referensi pembelajaran.