Sunday, December 9, 2018

Mana yang Benar, Cenderamata atau Cinderamata?

Tags

Seringkali kita mendengar kata yang salah dengan pengucapan atau penulisan, salah duanya yaitu kata cenderamata dengan cinderamata. Keduanya kadang membuat bingung orang lain.

Definisi kata cenderamata atau cinderamata biasanya dimaknai kenang-kenangan atau oleh-oleh. Bisa jadi tidak ada yang memperdebatkan artinya, hanya saja jika penulisan atau pengucapannya tidak tepat maka jelas akan merubah makna.

Mana yang Benar, Cenderamata atau Cinderamata?

Mana yang Benar, Cenderamata atau Cinderamata?

Lantas bagaimana dengan cara penulisan cenderamata yang benar? Manakah yang benar dari kedua kata tersebut? Pada ulasan kali ini kita akan membahasnya dengan detil.

Sebelum menentukan mana kata yang benar, maka kita harus menentukan terlebih dahulu kata dasar yang benar, cendera atau cindera dan mata. Manakah yang benar, cendera atau cindera?

Merujuk dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata yang benar adalah cendera, bukan cindera. Kata cindera tidak ditemukan dalam KBBI.


Arti kata cendera menurut KBBI adalah:
- nyenyak (tidur). Misalkan dalam kalimat: Ratna tidur dengan cendera.
- kekasih atau belahan jiwa.

Nah, dari pemaparan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa kata yang benar adalah cenderamata, bukan cinderamata.

Bagaimanakan penulisan kata cenderamata yang benar?

Apakah penulisannya dipisah atau disambung? Cara menuliskan cenderamata yang benar yaitu dengan disambung. Cenderamata, bukan cendera mata. Sehingga untuk penulisan kata cenderamata wajib disambung sebab kata ini akan memiliki perubahan makna jika dipisah. Cendera (nyenyak) dan mata.

Contoh penggunaan dalam kalimat.
- Hasan mendapatkan cenderamata berupa boneka singa setelah ia pulang dari Singapura.
- Ayo, berikan cenderamata itu ke Pak Jhoni sebagai tanda terima kasih.

Demikian ulasan mengenai penentuan kata baku yang benar antara cenderamata dengan cinderamata. Semoga pembahasan tersebut dapat menambah wawasan kita dalam memperbaiki kosakata yang sering salah tulis atau salah ucap.